200 Kasus Rubella Ditemukan di Tanjab Timur

Foto untuk : 200 Kasus Rubella Ditemukan di Tanjab Timur

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

MUARASABAK - Pemberian vaksin measles dan rubella (MR) untuk anak di Kabupaten Tanjab Timur baru capai 25 persen. Meski sebagian masyarakat menolak, programimunisasi MR tetap dilanjutkan Dinas Kesehatan Tanjab Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Timur, Ernawati kepada Tribunjambi.com, menyebutkan sebelum pemberian vaksin MR, pihaknya akan mensosialisasikan pada masyarakat akan manfaatimunisasi MR untuk anak.

"Pertama kita edukasi dulu, memberikan pengetahuan apa manfaat dari vaksin ini, terutama masalah pencegahan," kata Ernawati. Prinsipnya pemberian vaksin kepada anak di Kabupaten Tanjabtim tidak dipaksakan, namun Erna berharap ada kesadaran dari masyarakat akan pentingnya imunisasi MR

"Makanya sosialisasi kita galakkan. Apalgi MUI sudah mengeluarkan keputusan terkait vaksin MR ini status hukumnya mubah atau boleh," ujarnya.

Erna menjelaskan, sejumlah kasus rubella telah ditemukan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bahkan berdasarkan laporan tahun 2017 lalu lebih dari 200 kasus rubella ditemukan di Tanjabtim.

Portal Kementrian Kesehatan
PERIZINAN PELAYANAN KESEHATAN
GIZI DAN KESEHATAN