Sekda Provinsi Jambi Serahkan Hadiah Pemenang Lomba di Kementerian Kesehatan

Foto untuk : Sekda Provinsi Jambi Serahkan Hadiah Pemenang Lomba di Kementerian Kesehatan

JAMBI-Sekda Provinsi Jambi HM Dianto, Senin (12/11) menjadi inspektur upacara (Irup) pada upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 di halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dengan tema “ayo hidup sehat mulai dari kita”.

Upacara ini diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan. Antara lain dari lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, RSUD, Puskesmas, RS Bratanata, RS Polri, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi, pelajar dan instasi terkait lainnya. Usai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dari berbagai lomba yang digelar baik berskala nasional yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI maupun tingkat Provinsi Jambi yang lakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Hadiah diserah oleh Sekda HM Dianto.

Adapun pemenang lomba antara lain,  untuk  tingkat nasional Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional tahun 2018, juara satu dengan kategori sekolah dengan kriteria terbaik (best performance) diraih SD Xaverius I dengan hadiah selain piala dan piagam juga uang pembinaan Rp 30 juta.  Kemudian juara tiga kategori sekolah dengan pencapaian terbaik (best achievement) diraih SMA 8 Merangin, juga berhak mendapat piagam, piala dan uang pembinaan Rp 20 juta.

Pemenang lomba Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Tingkat Provinsi Jambi, Juara I, RSUD Kol Abunjani, Kabupaten Merangin, Juara II, RSUD H Hanafie Kabupaten Bungo, Juara III, RD Dr Bratanata Kota Jambi.  Puskesmas dan Klinik Beprestasi Tingkat Provinsi Jambi, Puskesmas Berprestasi Juara Satu Puskesmas Simpang IV Sipin,Kota Jambi, Juara Dua Puskesmas Rimbobujang IX. Tebo, Juara Tiga Puskesmas Pulaupandan, Sarolangun. Pemenang Klinik Berprestasi, Juara Satu Klinik Mandiri MUarojambi, Juara dua Klinik Tanjung LUmut Kota Jambi dan Juara tiga Klinik Cipta Medika Tanjung Jabung Barat.

Pemenang Lomba Desa/Kelurahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tatanan Rumah Tangga Tingkat Provinsi Jambi.  PHBS Kategori Kabupaten juara satu diraih Desa Sungai Keruh, Kecamatan Tebing Tinggi, Tanjab Barat, Juara dua Desa Koto Petai, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Juara tiga Dusun Babeko, Kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo. Untuk lomba PHBS Kategori Kota, Juara Satu Kelurahan Selamet, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Juara dua Desa Muara Jaya, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh.

Dokter kecil tingkat provinsi Jambi Suci Shandiani Jiwatami dari SD 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh, juara dua Ulfatunnikmah dari SD 103/X Sidomukti, Tanjung Jabung Timur dan juara tiga Naswa Kansa Asyifa dari SD 101/II Kabupaten Muarojambi.

Dokter teladan di Puskesmas tingkat provinsi Jambi juara satu dr H Armiza dari Kota Sungai Penuh, juara dua dr Reni Rozanti Basyar dari Kabupaten Kerinci, juara tiga dr Ahmad Taher dari Kabupaten Batanghari.  Dokter Gigi teladan di Puskesmas tingkat provinsi Jambi, juara pertama drg Adriani Prima Dona dari Tanjab Barat, juara dua drg Sofya Asril dari Sarolangun dan juara tiga drg Julius Pangihutan Hasiholan dari Kota Jambi.

Perawat teladan tingkat provinsi Jambi,  Ns Nur Inaini dari Tanjab Barat, juara dua Alianar dari Bungo dan juara tiga M Rosyadi Gusmara dari Sarolangun. Bidan teladan tingkat Provinsi Jambi juara satu Rosita dari Batanghari, juara dua Yulistia Handayani dari Merangin dan pemenang tiga Vitin Atmawati dari Tebo.  Tenaga Kesehatan Masyarakat teladan tingkat Provinsi Jambi, juara pertama Syofa Nengsih dari Kota Jambi, Juara dua Ika Astuti dari Tanjab Timur dan juara tiga Helda Miantari dari Kota Sungai Penuh.

Tenaga Kesehatan Lingkungan teladan tingkat provinsi Jambi juara pertama Kurnia Dwita dari Kerinci, Juara dua Puryanti dari Tanjab Timur dan juara tiga Refni dari Muarojambi. Tenaga Ahli Laboratorium Medik teladan tingkat provinsi Jambi juara pertama HM Dianto dari Muarojambi, juara dua Dian Andriani dari Muarojambi dan juara tiga Juhati dari Tanjab Barat. Tenaga gizi teladan tingkat provinsi Jambi juara pertama Bise Liveona dari Bungo, Roza Fitri dari Kerinci dan Masnawiah dari Batanghari.

Sekda Dianto usai penyerahan hadiah kepada wartawan menyebutkan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke- 54,  sesuai amanat ibu Menteri Kesehatan katanya, kedepan kita harus mengayomi masyarakat karena beberapa angka indikator kesehatan masyarakat ternyata terjadi peningkatan dibanding tahun 2013 yang lalu, lalu lima tahun kemudian 2018 ternyata ada peningkatan .

Disampai Ibu Menteri kata Dianto, bahwa jumlah perokok remaja meningkat, lalu jumlah penderita hipertensi meningkat, lalu jumlah penderit diabetes meningkat. “Artinya bahwa pola hidup masyarakat kita semakin hari semakin memprihatinkan, oleh karena itulah pihak Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengadakan berbagai lomba baik untuk dokter maupun untuk perawat, puskesmas terbaik ada juga klinik mandiri lalu ada juga dokter kecil semua diberikan penilaian agar kedepan kalau terjadi penilaian tentang kesehatan masyarakat angkanya akan jauh menurun,” ungkap Dianto.

Sesuai tema Hari Kesehatan Nasional  "ayo hidup sehat mulai dari kita", artinya kata Dianto, bahwa kita pribadi lalu keluarga, maka lingkungan masyarakat inilah. “Dan tadi juga ada beberapa desa dan daerah yang mendapat penghargaan tentang PHBS, pola hidup bersih dan sehat supaya kita mensosialisasikan  kepada masyarakat  agar nantinya kita dalam penilaian kesehatan menjadi yang terdepan  dan contoh yang terbaik bagi masyarakat secara keseluruhan, juga tadi kita berterima kasih bahwa hasil penilaian kementeria kesehatan bahwa di Jambi mendapat juara satu tingkat nasional. Alhamdulillah bahwa dilevel sekolah pun kita sudah melaksanakan kegiatan,  kita minta dukungan seluruh pemerintah kabupaten/kota,” harap Dianto. (zie)

Portal Kementrian Kesehatan
PERIZINAN PELAYANAN KESEHATAN
GIZI DAN KESEHATAN