PERTEMUAN SIKDA GENERIK

Senin, 18 November 2019 | 23:39:54 WIB | Dibaca: 138 Kali


PERTEMUAN PELATIHAN APLIKASI SIKDA GENERIK

 KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 2019

Bertempat di Pro chicken and sheriff cafe , Jln Imam Bonjol RT.01 Kel. Talang Babat, Kec. Muara Sabak Barat, mulai hari ini senin 18 November 2019 s.d Rabu 20 November 2019 dilaksanakan pertemuan pelatihan Aplikasi Sikda (sistem informasi kesehatan daerah) Generik. Peserta pertemuan ini diikuti oleh seluruh Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang peserta yang terdiri dari 5 orang petugas yang berasal dari 4 puskesmas yang lokus penerapan Sikda Generik tahun 2019 dan 1 orang petugas dari 13 puskesmas lainnya.

Kegiatan pertemuan pelatihan ini didahului oleh sambutan dari Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur selaku Ketua panitia oleh Amiruddin Machmud, SKM. Dalam laporannya beliau  menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada petugas di puskesmas dan dinas kesehatan dalam menggunakan aplikasi Sikda Generik serta untuk persiapan terhadap 4 (empat) puskesmas lokus penggunaan aplikasi Sikda Generik setelah mendapatkan izin penggunaan dari kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabid P2P Hj. Jumati, SKM mewakili kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa seiring dengan pesatnya arus perkembangan dunia teknologi informasi, serta perkembangan revolusi industri 4.0 (four poin o), hal ini mengharuskan kita semua untuk mau tidak mau akan menyesuaikan, dan mengikuti perkembangan teknologi tersebut. pemanfaatkan teknologi informasi adalah  pilihan kita agar tidak ketinggalan dengan sektor lain terutama dalam pengumpulan data kesehatan. Sebelum mengakhiri sambutannya beliau mengajak kepada seluruh peserta pelatihan “setelah pelatihan ini bagi 4 (empat) puskesmas yang lokus penggunaan aplikasi untuk tahun 2019 ini benar – benar dapat dijalankan setelah mendapatkan izin penggunaan dari kementerian kesehatan Republik Indonesia, bagi puskesmas yang belum lokus untuk dapat menyiapkan sdm dan sarpras untuk tahun berikutnya serta melakukan simulasi – simulasi di puskesmas” ucap Hj Jumati.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Timur bapak Herman Toni, SE, ME yang sekaligus menjadi narasumber. Dalam hal pelatihan Penggunaan Aplikasi Sikda Generik panitia pertemuan mengundang Tim Sikda generik dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diwakilli oleh Ibu Rizka Astuti, S.Gz.