PERTEMUAN BIDANG P2P

Jumat, 13 Maret 2020 | 10:00:04 WIB | Dibaca: 217 Kali


PERTEMUAN EVALUASI PASCA ELIMINASI MALARIA DAN SOSIALISASI CORONAVIRUS (COVID-19) SERTA SOSIALISASI PETUNJUK TEKNIS PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS NON FISIK BIDNG KESEHATAN TAHUN ANGGARAN 2020

DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 2020

 

Bidang P2P Dinkes Kab. Tanjung Jabung Timur

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur melaksanakan pertemuan pasca eliminasi malaria dan sosialisasi coronavirus (covid-19)  pada hari  Senin tanggal 9 Maret 2020  yang dihadiri oleh OPD terkait di Lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Camat, Polres, Kodim 0419, KKP, RS Nurdin Hamzah, kepala puskesmas, dokter dan pengelola program serta PPTK Dana BOK Puskesmas se-Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Acara ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM yaitu Bapak Drs. Enizwar mewakili Bapak Bupati Tanjung Jabung Timur. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Timur dinyatakan telah bebas malaria, namun hal ini jangan menjadikan kita terlena, kita tetap harus memberikan perhatian khusus guna terus pengendalikan penyakit malaria, tidak menutup kemungkinan penyakit ini tetap masih ditemukan karena dibawa dari luar wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Beliau juga mengatakan bahwa dalam menghadapi penyakit coronaviry Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur perlu mengambil langkah dengan tetap berhati-hati dan selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan yang ada.  Mengingat wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki dua pintu masuk yaitu darat dan laut, sehingga kesiapsiagaan di berbagai sektor harus dilakukan. Dan yang terpenting juga adalah penyampaian informasi dan edukasi masyarakat tentang penyakit ini, agar tidak timbul kepanikan mengingat banyaknya berita hoaks yang beredar di masyarakat. Pada akhir sambutannya Beliau mengatakan “Pada kesempatan ini juga saya sampaikan kepada Puskesmas untuk dapat melaksanakan program kesehatan dengan sebaik mungkin dengan memanfaatkan dana alokasi khusus non fisik bidan kesehatan yang ada sesuai dengan peruntukannya.” ujar Enizwar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Ernawati, S.Kep, Ns, M.Kes melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit malaria dan coronavirus disease (covid-19) di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta memberikan pemahaman puskesmas tentang penggunaan dana alokasi khusus bidang kesehatan tahun 2020.

Materi pertemuan disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr. Samsiran Halim tentang  Covid-19, Penguatan Malaria di Daerah Pemeliharaan oleh Sarifah Zulfa, SKM, M.Epid, Pembangunan Kesehatan Provinsi Jambi dan Juknis DAK Non Fisik oleh  M. Darwis Rambe, SKM, M.Kes serta Capaian Sektor Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Pencapaian RPJMD Kab. Tanjung Jabung Timur oleh Bappeda Kab. Tanjung Jabung Timur. Kegiatan ini diakhiri dengan merumuskan rencana tindak lanjut yang disepakati bersama guna pencegahan dan pengendalian penyakit malaria dan Covid-19 serta pemanfaatan dana BOK sesuai dengan juksnis.